Van Dijk Calon Kuat Pemenang Ballon d’Or 2019

Mantan bintang timnas Belanda, Pieter Huistra, menganggap pemain bertahan Liverpool, Virgil van Dijk, merupakan calon kuat pemenang gelar Ballon d’Or 2019.

Van Dijk pergi dari Southampton dan pindah Liverpool pada Januari 2018 dengan transfer 75 juta poundsterling. Nilai ini membuat Van Dijk menjadi pemain bertahan paling mahal dunia.

Kehadirannya jua membikin barisan defensif Liverpool menjadi lebih solid. Dia berhasil mengantarkan The Reds jawara Liga Champions musim kemarin. Bintang tahun 27 ini juga digadang-gadang menjadi pemain bertahan paling baik dunia sekarang.

“Van Dijk salah 1 calon. Senantiasa terdapat bintang lainnya jua, namun ia jelas mesti dipikirkan, ” tutur Huistra pada talkSPORT.

“Seorang pemain bertahan kerap diabaikan, namun bertahan merupakan salah satu bagian yang amat vital dari sepakbola. Menyerang senantiasa dibuka dari para pemain bertahan. Van Dijk vital di dalam hal tersebut, ia dapat mengarahkan dari belakang.

“Saya senantiasa mengatakan pada pemain bertahan sentral aku, ‘Anda senantiasa jadi playmaker kesebelasan, Kamu mengambil keputusan bagaimana serangan bakal dimulai’. Jadi, apabila Kamu punya bek kayak Van Dijk, yang cepat dan langsung dan punya assist diagonal yang baik ataupun assist di belakang rival, ini amat efektif dan vital, ” Huistra melanjutkan.

Van Dijk musim kemarin memperkuat Liverpool di dalam 50 laga di seluruh turnamen. Dia jua memberikan kontribusi 6 goal dan 4 assist.