Klopp: Liverpool Terus Fleksibel tentang Formasi

Klopp: Liverpool Terus Fleksibel Tentang Formasi

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengatakan jika The Reds tidak memiliki formasi pasti di arena pertandingan. The Anfield Genk, tutur Klopp terus bersikap fleksibel.

“Sistem kami, saat kami berlaga dengan 3 bintang di depan, ialah sesuatu seperti berlian, ini dapat 4-5-1, ini dapat 4-3-3. Pastinya, 4-2-3-1 serta 4-4-1-1, aku setingkat lebih senang di dalam kebanyakan kondisi, sebab ini merupakan sistem yang bagus,” tutur Klopp pada Soccerway.

“Tapi itu bukanlah mengenai sistem, itu semua mengenai pemain. Peran aku merupakan menghantarkan pemain menuju tempat terbaik di mana mereka bisa membantu kesebelasan dengan hal-hal yang bisa mereka kerjakan. Namun itu bukanlah berarti kami melalui minggu ini dan jadi amat kreatif bersama hal-hal seperti ini sebab, pada akhirnya, semua penggawa mesti berlaga dengan insting.”

Liverpool mengawali kampanye musim ini bersama formasi 4-3-3. Trio sektor serang ditempati Mohamed Salah, Sadio Mane serta Roberto Firmino.

Tapi, The Reds akhir-akhir ini menerapkan 4-2-3-1 mengingat penampilan cemerlang dari Xherdan Shaqiri. Shaqiri telah menyumbang 2 goal serta 3 assist di dalam 6 pertandingan terakhirnya.

Di dalam formasi 4-2-3-1, Shaqiri menduduki pos playmaker. Meskipun begitu, menurut Klopp, dia tidak akan terus memanfaatkan 4-2-3-1 hingga penghujung kampanye musim.

Liverpool sendiri sekarang ada pada tempat ke 2 klasemen Liga Inggris. The Reds masih terpaut 2 angka melalui Manchester City di puncak klasemen.