Bergabung Juventus Tidak Ubah Etos Bekerja Ronaldo

Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, mengakui tidak asing meladeni tekanan dan terus berupaya untuk jadi yang paling baik semenjak muda.

Karier Ronaldo meroket semenjak Manchester United mendatangkannya dari Sporting CP pada 2003. Tak cuma trofi-trofi bergengsi di tingkat tim, bintang yang sekarang berumur 34 tahun ini juga mendapat banyak gelar pribadi, kayak Ballon d’Or.

Usai berhasil bareng Setan Merah, Ronaldo pindah ke Real Madrid menjadi bintang paling mahal dunia. Kejayaan demi kejayaan ia capai bareng Los Blancos, salah satu diantaranya jawara Premier League 3 kompetisi musim berturut-turut.

Walau demikian, Ronaldo mengatakan tak sekalipun puas untuk senantiasa mengembangkan kualitasnya. Mental ini ia masih pertahankan semenjak gabung Juventus pada bursa transfer musim panas tahun yang lalu.

“Hal perdana yang aku kerjakan kala pertama-tama gabung dengan tim anyar ialah jadi diri sendiri. Etos bekerja aku terus serupa, ” tutur Cristiano Ronaldo, sebagaimana ditulis El Pais.

“Saya menyesuaikan diri dengan sempurna di Juventus. Setiap orang mengetahui aku tak bergurau. Kamu mesti rendah hati dan belajar kayak tak paham apapun, ” jelasnya.

“Saya tetap amat muda kala pertama mengalami tekanan di dalam sepakbola. Aku gabung dengan Real Madrid sebagai bintang paling mahal sepanjang sejarah. Orang terus mengharapkan performa paling baik usai aku memenangi Ballon d’Or perdana aku bareng Manchester United di usia 23 tahun, ” kata Ronaldo.

“Saat ini, di dalam karier aku sepanjang 12 tahun terbaru, aku terus punya tekanan sedikit lebih kayak ini untuk dihadapi, ” katanya.

Cristiano Ronaldo mengoleksi 27 goal dan 13 assist dari 40 pertandingan bareng Juventus di berbagai turnamen kompetisi musim ini.