AS Roma Ucapkan Duka untuk Musibah Asap di Indonesia

Musibah kebakaran hutan yang berbuah kabut asap di Indonesia terutama wilayah Riau dan Kalimantan jadi atensi nasional malahan jua dunia. Salah 1 tim sepakbola Italia, AS Roma juga ikut mengucapkan duka.

Lewat akun twitter AS Roma yang berbahasa Indonesia, mereka mengucapkan bela sungkawa mereka dengan menyertakan foto ilustrasi bintang Serigala Roma yang tengah menutup mulut.

Tidak lupa, mereka jua menandai tim dari Riau, PSPS pada ucapan mereka.

“#StaySafe untuk @pspsriau_ dan penduduk Riau jua sekitarnya, atas kabut asap yang melanda. #SaveRiauDariKebakaranHutan#ASRoma, ” tulis mereka di @OfficialRoma_ID.

Kabut asap sendiri sudah diutarakan menjadi mala petaka yang tidak main-main di Riau dan Kalimantan. Malahan, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Regional Sumatera mengatakan kualitas udara di Pekanbaru telah tingkat mematikan.

Daftar yang diperoleh P3E Regional Sumatera, wilayah di Pekanbaru yang tingkat udaranya mematikan terdapat di Kecamatan Rumbai dengan konsentrasi partikel debu 848. Wilayah lain ada di Kabupaten Siak, Kecamatan Minas jua tingkat mematikan konsentrasi 877.

Di wilayah KLHK, Kota Jambi, angka kualitas udaranya bisa sampai 347 ataupun jua telah dinilai dapat beracun di dalam tubuh. Di sisi lain, di Pontiudar, Pontianak, Kalimantan Barat, kualitas udaranya telah bisa sampai angka 377.

Malahan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sudah mengeluarkan kebijakan libur sekolah usai mengetahui papan indeks standar pencemaran udara (ISPU) di Kota Palangkaraya yang telah masuk di dalam kategori mematikan.